Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tips & Trik Lengkap Merawat Laptop / PC

Yuks, yang baru punya laptop hehehe. kita baca artikel yang satu ini..



1. Jangan Letakkan diatas Kasur, Bantal, dsb


Mengapa ? Karena, kasur dan bantal bersifat menyerap hawa panas . Dan, itu sangat berbahaya untuk laptop kamu. Laptop kita sangat membutuhkan sirkulasi udara yang selalu terjaga. Kasur akan meyerap hawa panas dan akan merusak bagian bawah laptop anda. Juga didalam kasur terdapat banyak debu yang akan terserap kedalam saringan laptop anda. Hal itu akan membuat sistem menjadi rusak. So. lebih baik diletakkan diatas meja, keramik, atau tempat yg rata dan keras.

2. Selalu jaga kebersihan Laptop anda

Laptop yang bersih akan nyaman saat kita gunakan, Jika laptop terlihat kotor segera di lap, tapi jangan dikasih air. Jika ada uang saku lebih belikan anti gores untuk lcd dan keyboard anda. Sip lah laptop anda.

3. Jangan letakkan beban diatas Laptop/PC anda

Hal ini sangat berpeluang untuk merusak bagian LCD anda, Jika diibaratkan LCD adalh mata dari sebuah Laptop. Jangan pernah meletakkan beban berat diatas Laptop anda. Sayangilah Pacar kedua anda !

4. Hindarkan Laptop anda dari Gadget Listrik anda lainnya ( Elektromagnetik )

Jauhkan laptop anda dari benda-benda ber"listrik" lainya, seperti HP, Radio, Tv, dll. Merekan akan mengeluarkan getaran elektro magnetik yang akan merusak sistem penting dari laptop anda. Simpan lapton anda dengan baik !

5. Colling pad, / Kipas Peng"adem" Laptop anda

Colling pad akan membantu mendinginkan Laptop anda yang terlalu lama dipakai/ suhu kamar anda yang emang bener-bener panas. Colling Pad akan mengantisipasinya dan akan melindunginya dari penyakit "Panas Dalam" dan kerusakan "Organ Dalam"

6. Letakkan Laptop anda diatas bidang yang rata

Jangan letakkan laptop anda terlalu lama ditempat yang miring. hal ini akan membuat hardisk anda terbuai dan akan pusing karena diletakkan tidak sesuai letaknya dan akan robek sisi dalamnya. So, jgn aneh-aneh gan kalo main laptop hehe

7. Jangan sering-sering melepas baterai Laptop

Jika laptop anda sering menyala tanpa baterai terpasang, Hal ini akan membuat Laptop sangat tergantung pada daya listrik yang langsung tersambung dengan laptop anda. Dan. bayangkan. bila tiba-tiba saat anda sedang berselancar ria di internet/ main game online. Hal ini akan membuat Laptop anda kaget. Jika baterai terpasang, maka Laptop gk akan jantungan. Sip !

8. Jangan simpan Software Berat yg tidak berguna

Jika, anda hobi mengoleksi berbagai macam aplikasi atau software.Segera hilangkan hobi tersebut. Apalagi banyak dari sekian aplikasi yang anda miliki jarang atau sama sekali tidak anda pakai, Hapus/uninstall saja yang tak berguna. Buat Sistem Laptop anda menjadi lebih enteng dan yahud.

9. Jaga Sirkulasi Baterai

Biasakan gunakan Laptop anda secara teratur agar, Baterai laptop anda terjaga keawetanya. Gunakan Laptop anda saat sedang tidak terpasang Charger / jika kepepet ya, gpp pakai Charger. biasakan cas Laptop anda saat sedang dalam kondisi mati dan, cabut setelah penuh . Setelah itu gunakan Laptop anda sampai baterai lemah tapi, dalam keadaan di di Charger. Hal ini akan menjaga daya tahan Laptop anda dan mencegah overheating

10. Saat baru, jangan langsung hantam Laptop anda

Charge laptop baru anda hingga jangka waktu 7-8 jam dalam keadaan mati. Hal ini akan menjadi indikator ketahan baterai dan Laptop anda. Jangan langsung dipakai, berilah waktu adaptasi untuk penghuni baru kamar anda.

11. Setting penggunaan Baterai anda menjadi Power Saver

Hal ini akan membuat Laptop anda bertahan lebih lama , saat tidak terpasang dengan Charge. Jika menggunakan setting Balanced, maka Laptop rata-rata akan bertahan 4 - 4,5 jam, sedangkan jika menggunakan Setting Power Saver, makan Laptop anda akan bertahan antara 5 - 6 jam. Efeknya yaitu Laptop anda akan meminimalisir penggunaan cahaya pada layar LCD anda, menjadi lebih standar dan nyaman untuk dilihat. Hal ini juga akan mencegah perusakan pada mata anda.

12. Wajib Menginstall antivirus

Antivirus memang sangat penting untuk menjaga keamanan dari kemungkinan terserangnya sistem operasi pada laptop anda oleh virus. Laptop anda akan memiliki perisai untuk melindungi dapri penyakit.. Sip !

13. Jangan coba-coba service sendiri Laptop anda

Jika, laptop ada problem/masalah. jangan berani untuk nekat service sendiri. Langsung saja bawa ke Toko Service Laptop. Bisa-bisa malah tambah rusak tuh laptop anda. Kalo masih garansi lebih baik antar langsung aja ya. hehe

Terimakasih untuk membaca artikel . Komentar dan sarannya ya (y) Sip ! Semoga berguna untuk Laptop anda...


Untuk setiap laptop baru, semua baterai nya masih dalam keadaan kosong. Meskipun charge listrik terpasang namun laptop belum boleh langsung digunakan. Matikan laptop terlebih dahulu dan lakukan charge selama antara 4-8 jam sampai lampu indikator menunjukkan Full Charge ( biasanya lampu akan berubah menjadi Hijau).

Posting Komentar untuk "13 Tips & Trik Lengkap Merawat Laptop / PC"