Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips & Trik Lengkap Mengerjakan Soal SBMPTN 2017

Oiya, saya buka dulu ya

Assalamualaikum wr. wb

Wajib baca, jika anda benar-benar ingin diterima di PTN Favorit !! 




Sekedar info, mulai dari tahun 2013, SNMPTN tulis sudah dihapuskan dan SNMPTN hanya ada melalui jalur undangan. Sebagai gantinya Pemerintah membentuk ujian tulis yakni melalui jalur SBMPTN dan test mandiri di PTN masing-masing. Berikut ini adalah tips yang dapat diterapkan dalam SBMPTN 2016 nanti.

<Persiapan Sebelum Test :

Kuasailah seluruh materi yang akan diujikan. Carilah buku-buku pemantapan yang berisi materi-materi dasar SBMPTN. Anda juga perlu buku-buku tentang soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Anda sebaiknya mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Tentu saja sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah anda miliki dan tinggi rendahnya tingkat passing grade program studi PTN yang ingin anda raih.

1. Lakukan Uji Coba (Try Out)

Gua saranin anda berlatih sendiri dengan jumlah soal dan alokasi waktu yang sama dengan test nyata SBMPTN. Anda juga boleh mengikuti try out yang diadakan lembaga bimbel, tetapi menurut saya itu jauh dari sama dengan SBMPTN yang sebenarnya. Disamping soal-soalnya sedikit, terkadang soal-soal itu sudah dipilih-pilih yang mana mereka (lembaga) memiliki jurus-jurus ampuh menyelesaikan dengan mudah. Hal ini merekan tujukan untuk mempermudah promosi/sponsor jasa mereka.

2. Pemilihan Jurusan (Program Studi)

Pilihlah program studi dan PTN yang sesuai dengan kemampuan anda. Jika kemampuan Anda hanya 30 %, gua saranin Anda tidak memaksakan diri memilih program studi Pendidikan Dokter, kemungkinan 85 % anda akan gagal/failed, 15%-nya adalah bejo/keberuntungan . Pilihlah pada pilihan pertama, program studi yang sesuai dengan impian dan kemampuan anda. Untuk pilihan program studi yang kedua, pilihlah program studi yang passing gradenya minimal 5 % dibawah pilihan pertama.



1. Manfa'atkan waktu dengan sebaik-baiknya

Manajemen waktu adalah hal penting, apalagi untuk mengerjakan test yang diberikan dengan waktu terbatas. Mungkin ketika latihan, anda bisa mengerjakan semua soal dalam sepaket test SBMPTN. Namun ketika anda test, maka waktu anda akan terbatas. Jadi, usahakanlah latihan dengan alokasi waktu yang sama dengan saat test asli SBMPTN. Tanpa manajemen waktu yang tepat, anda tidak akan mampu mengerjakan secara maksimal. Bisa jadi ada mata pelajaran terlewatkan atau malah anda terpaku/terjebak pada soal yang anda tidak bisa dikerjakan yang malah menghabiskan banyak waktu yang anda miliki. Membawa jam tangan mungkin adalah hal terbaik yang bisa membantu manajemen waktu anda.

2. Gunakan alat tulis standar/terbukti baik

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa alat tulis Anda telah terbukti dapat digunakan mengisi LJK dan dapat terbaca oleh Komputer. Bawalah alat tulis secukupnya, disarankan membawa lebih dari satu.

3. Miliki Mata Pelajaran Andalan, Raihlah Nilai Maksimum pada Pelajaran tersebut

Ini adalah senjata pamungkas jika anda tidak menguasai seluruh mata pelajaran. Kerjakan mata pelajaran yang anda sukai betul pada awal dengan alokasi waktu yang sudah anda tentukan.

4. Kerjakan seluruh Mata Pelajaran

Seluruh mata Pelajaran sebaiknya anda kerjakan, karena itu manajemen waktu sangatlah penting. Jika anda tidak menguasai lantaran kurang tertarik pada mata pelajaran tertentu maka cukup kerjakan satu atau dua nomor dan pastikan benar. Kerjakan dengan tenang dan jaga emosi anda saat mengerjakan. Jangan coba-coba mencontek ataupun meminta jawaban peserta lain, karena pengawas dapat saja membatalkan hasil pekerjaan anda.

5. Jangan Menebak-Nebak Jawaban

Kerjakan soal-soal yang bisa anda kerjakan. Jangan menebak-nebak jawaban, gua saranin tinggalkan saja yang tidak bisa dikerjakan.

6. Raihlah Nilai Kumulatif Positif pada Masing-Masing Mata Pelajaran

Nilai kumulatif adalah nilai total masing-masing mata pelajaran. Jangan sampai salah satu mata pelajaran Anda bernilai negatif.

7. Berdo'a kepada Allah SWT dan Minta Restu dari Kedua Orangtua

Saya mau nangis kalo pembahasan yang satu ini, saya kira anda sudah tau maksudnya , Intinya selalu Optimistis dan Pasrah apapun hasilnya, yang penting kita sudah usaha. Semoga anda keterima di PTN yg anda dambakan. AAMIN !! :)

Semoga bermanfaat bagi Anda, Calon Mahasiswa PTN Favorit !!


Wa'alaikumsalam wr. wb.

Posting Komentar untuk "Tips & Trik Lengkap Mengerjakan Soal SBMPTN 2017"