Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas Lampung Raih Akreditasi Institusi "B"

Luar biasa, Universitas Lampung yang sebelumnya memiliki akreditasi institusi "C" berhasil merangkak maju dan berhasil meraih akreditasi "B" . Melalui "SK No. 186/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 " Akreditasi "B" ini dirilis oleh BAN-PT ( Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ) Unila meraih total skor 357 dan berlaku hingga 10 April 2020 . Memang tim LP3M Universitas Lampung akan memprediksi hasil ini, bahkan mereka kemarin sempat optimistis Unila mampu meraih akreditasi "A" namun hasil akhirnya meraih "B" .

http://ban-pt.kemdiknas.go.id/



Memang, secara penilaian tim BAN-PT Universitas Lampung layak menerima akreditas institusi "B" tetapi jika akreditasinya kemarin menjadi "A" tentu masih banyak kekurangan yang perlu ditambal di kampus hijau tercinta. Masih banyak infrastruktur umum, sarana perkuliahan yang belum memadai dan juga staff pengajar juga masih banyak hal-hal matang lain yang perlu dipertimbangkan.

Jika kita membandingkan Universitas Lampung dengan Universitas lainnya di Sumatera, Universitas Lampung dengan akreditasi "B" akhirnya mampu mensejajarkan diri. Berikut Perbandingannya :


Nama Universitas
Kota dan Provinsi
Akreditasi
Tanggal Kadaluarsa
Universitas Andalas
Padang, Sumatera Barat
A
16-Jan-19
Universitas Bengkulu
Bengkulu, Bengkulu
B
16-Jan-19
Universitas Jambi
Jambi, Jambi
B
10-Apr-20
Universitas Lampung
Bandar Lampung, Lampung
B
10-Apr-20
Universitas Riau
Pekanbaru, Riau
B
19-Jul-19
Universitas Sriwijaya
Palembang, Sumatera Selatan
B
16-Jan-19
Universitas Sumatera Utara
Medan, Sumatera Utara
B
21-Feb-18
































Terlihat, bahwa satu-satunya Universitas di Pulau Sumatera yang memiliki Akreditasi Institusi "A" hanyalah Universitas Andalas di Padang . Andalas secara langsung sudah mensejajarkan institusinya dengan Universitas lain di Pulau Jawa. Luar Biasa ! . Sementara itu, USU dan UNSRI adalah 2 Universitas yang paling mendekati UNAND dalam peringkatnya. Setidaknya UNILA mampu mensejajarkan diri dan terlepas dari belenggu akreditasi "C" . Sekali lagi Selamat kepada seluruh keluarga besar Universitas Lampung !! Semoga kampus tercinta bumi Lampung ini dapat terus melangkah maju dan memperbaiki sarana dan pra-sarananya dan segala hal yang perlu ditingkatkan demi menciptakan alumni yang berkarakter dan berkompetensi tinggi . Saran nih, setelah reakreditasi ini mohon GSG Unila segera direnovasi karena dari luar terlihat tidak layak jika dikatakan memiliki akreditasi "B" dan juga masih banyak infrastruktur yang perlu dibenahi secara berkelanjutan. Sip deh, Bravo Unila !!.

Sumber : BAN-PT, Rektorat Unila, Kawan Sebaya, Lalu Lintas Otak dan Insya Allah tidak menyesatkan :)

unila.ac.id





Lalu Lintas Otak Oleh :
Kurniawan Rizky Permadi, Ekonomi Pembangunan 14' Unila


Posting Komentar untuk "Universitas Lampung Raih Akreditasi Institusi "B""