Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbahayakah Main Badminton Pakai Sepatu Biasa?

Bukanmenggurui.id - Sebagai salah satu pemain amatiran bulutangkis yang hampir setiap minggu main bulutangkis bersama teman-teman, banyak saya temukan teman-teman lain yang main badminton tapi pakai sepatu biasa dan bukan menggunakan sepatu khusus badminton, sebenarnya berbahaya gk sih?

Tanpa bermaksud menggurui, saya pun sebenarnya waktu awal-awal bermain badminton juga masih suka pakai sepatu kets alias sepatu olahraga biasa, tapi seiring berjalannya waktu kok rada aneh gitu,  seperti ada kurang feel gitu dan akhirnya beberapa bulan kemudian saya memutuskan untuk bermain pakai sepatu khusus badminton. Lalu apa dampaknya kalau main badminton tapi bukan pakai sepatu badminton?

Kegunaan Utama

Sepatu khusus badminton memang dirancang khusus untuk bermain badminton, berbeda dengan sepatu olahraga biasa. 

Saat kita bermain badminton kita diharuskan untuk mengikuti arah kok (bola dalam permainan bulutangkis) baik maju ke depan, mundur ke belakang maupun ke samping kanan dan kiri, sepatu badminton memang dikhususkan dan dirancang untuk itu. Bisa kita lihat dari desain bantalan yang sama besar antara bagian depan sepatu dan belakang sepatu, hal ini juga yang membuat kita lebih bebas untuk melompat dan melakukan langkah cepat, sepatu badminton juga memiliki bantalan bawah yang terbuat dari karet, yang membuat kaki kita lebih aman dari cidera dan salah posisi saat selesai melakukan jump/lompat.



Hal ini tidak kita temukan pada sepatu olahraga biasa apalagi sepatu khusus lari, sepatu olahraga biasa hanya didesain khusus untuk melakukan langkah ke depan karena bantalan karet yang lebih besar pada bagian belakang sepatu. Sepatu olahraga biasa tidak mendukung kita untuk melakukan langkah mundur ataupun ke samping dengan baik, sedangkan dalam permain badminton pemain dituntut melakukan teknik footwork baik maju ,mundur, dan ke samping.

Anjuran:

Menurut saya memang sebaiknya kita menggunakan sepatu khusus badminton untuk bermain badminton, demi memberikan rasa nyaman saat bermain dan juga meminimalisir kemungkinan terjadinya cidera pada bagian kaki, admin juga tidak melarang kalau sobat ingin tetap ingin menggunakan sepatu olahraga biasa untuk bermain badminton / bulutangkis, namun usahakan lebih berhati-hati dalam melakukan gerakan saat sedang bermain badminton. Tapi kalau ada rezeki lebih atau pas baru gajian sobat sangat dianjurkan untuk membeli sepatu khusus badminton, minimal punya satu pasang, its oke kok.

Sekian postingan saya hari ini, apa yang yang tulis disini semata-mata adalah pengalaman saya tanpa maksud menggurui, terimakasih sudah membaca ya sobat, Salam Olahraga!

Posting Komentar untuk "Berbahayakah Main Badminton Pakai Sepatu Biasa?"